Welcome to FRENDI FERNANDO (Majenang)Website ... monggo dinikmati...

Selasa, 01 Maret 2011

Belajar Ikhlas bersama AA Gym

ESQ Leadership Center kembali menyelenggarakan pengajian rutin bulanan bertajuk “Pengajian ESQ 165” di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (27/2). Pengajian kali ini mengundang da'i kondang Abdullah Gymnastiar atau lebih dikenal dengan Aa Gym sebagai narasumber.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung ini membawakan materi “Belajar Ikhlas”. Acara yang digagas oleh FKA ESQ (Forum Komunikasi Alumni ESQ) ini dihadiri sekitar 1.000 orang yang terdiri dari berbagai kalangan, baik alumni ESQ maupun masyarakat umum. Selain untuk menjalin dan menjaga tali silaturahim yang semakin erat dengan sesama alumni ESQ, pengajian ini juga diadakan untuk mengisi dahaga spiritual umat Islam yang haus akan ilmu.

Pendiri ESQ, Ary Ginanjar Agustian menyempatkan waktunya hadir di sela-sela kesibukannya memandu training Eksekutif angkatan ke-98. Ary Ginanjar berpesan kepada jamaah untuk memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya, karena waktu yang akan dilalui tidak akan kembali lagi. Betapa ruginya kalau waktu tidak diisi dengan kegiatan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT, seperti mengikuti pengajian ini.

Dalam tausiyahnya Aa Gym mengajak jamaah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara menjadikan segala amal perbuatan yang dilakukan harus disertai dengan keikhlasan yang tulus. Mengapa demikian? Karena Allah SWT hanya akan menerima amal seorang hamba jika amal itu disertai ikhlas karena Allah SWT.

“Ada rumusnya jika mau ikhlas. Pertama, jangan ingin diketahui oleh orang lain. Kedua, jangan ingin dilihat oleh orang lain. Ketiga, jangan ingin dipuji. Keempat, jangan ingin dihargai. Kelima, jangan ingin dibalas budi,” jelasnya.

Pria asli Bandung ini berpesan kepada jamaah, janganlah beramal hanya untuk dilihat, diketahui, dipuji, dihargai, bahkan mengharapkan balas budi dari orang lain. Lakukanlah yang terbaik untuk mendapatkan ridha Allah SWT, karena kalau tidak dengan niat ikhlas, maka apa yang dilakukan tidak akan mendapat pahala.

“Ingatlah selalu kepada yang menciptakan dan menghidupkan kita, yang terpenting adalah bagaimana amal kita diterima oleh Allah,” pesannya.

Acara yang berdurasi sekitar satu setengah jam ini membuat jamaah yang hadir mengerti akan makna sebuah keihklasan. Keikhlasan berarti memenuhi perintah Allah, tanpa mengharapkan balasan atau keuntungan dari orang lain. Seseorang yang ikhlas akan berpaling kepada Allah dengan hatinya dan hanya ingin mendapatkan ridha-Nya atas setiap perbuatan, langkah, dan do’anya.

Aa Gym menyitir ayat dalam Al-Qur'an surat Al-Hujurat ayat 13, “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kalian disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kalian. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mendengar.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar